Nonton Film Online - Dunkirk : Bertahan Hidup yaitu Satu Kemenangan


Nonton Film Online - Tidak banyak film bertopik Perang Dunia II mempunyai cerita yang lebih dari sebatas baku tembak atau kesuksesan satu operasi militer. Satu diantara film yang cukup menempel dipikiran Kompas. com yaitu Saving Private Ryan (1998) yang dibesut sutradara terkenal, Steven Spielberg.

Dalam film yang di bintangi Tom Hanks ini, walau dengan diawali adegan pendaratan pantai yang begitu mengagumkan brutal serta berdarah, inti film ini bukanlah masalah membunuh lawan. Saving Private Ryan memerlihatkan kalau di dalam kecamuk perang dengan prinsip “membunuh atau dibunuh” masih tetap ada usaha untuk menyelamatkan nyawa seseorang prajurit bernama Ryan.

Cerita kemanusiaan di dalam amuk perang juga keluar dalam film Hacksaw Ridge (2016) karya Mel Gibson serta di bintangi Andrew Garfield jadi Desmond Doss seseorang dokter militer. Serupa seperti Saving Private Ryan, film yang berlatar Perang Pasifik ini lebih mengutamakan usaha memperjuangkan kehidupan di dalam amukan perang.

Ke-2 film diatas, seakan menginginkan menyatakan kalau didalam kekacauan perang dimana nyawa dapat melayang-layang setiap waktu, bertahan hidup adalah satu kemenangan sendiri. Topik berikut, tekad untuk bertahan hidup, juga jadi benang merah film paling baru garapan Christopher Nolan, Dunkirk.

Usaha beberapa tentara Inggris bertahan hidup telah merasa mulai sejak menit pertama film ini diawali, saat lima prajurit muda Inggris jalan di berjalan-jalan sepi kota pantai Dunkirk, Perancis.
Nyaris 400. 000 tentara Inggris serta Perancis tersudut di kota pesisir itu dengan pasukan Jerman mengepung dari semua arah.

Keinginan hanya satu untuk beberapa prajurit putus harapan itu yaitu kembali pada Inggris yang ada di seberang lautan. Tetapi, menjemput beberapa ratus ribu tentara dibawah serangan konstan militer Jerman bukanlah perkara gampang serta sangat beresiko.

Tidak riuh 

Dibanding Saving Private Ryan serta Hacksaw Ridge, film ini memanglah tidak sangat riuh dengan nada desing peluru serta dentuman bom. Tetapi, Nolan menghidangkan satu keheningan mencekam waktu beberapa prajurit Inggris menyusuri berjalan-jalan kosong kota Dunkirk.

Nolan juga lalu menghadirkan hamparan pantai Dunkirk yang luas dengan beberapa ratus ribu tentara Inggris berbaris lunglai menanti dinaikkan ke atas kapal penjemput. Adegan waktu sang prajurit muda Tommy (Fionn Whitehead) melihat beberapa ratus ribu orang berbaris lunglai sembari didera angin dingin di pantai Dunkirk, adalah adegan yang sangat mencekam.

Di waktu adegan memelas itu berjalan dalam keheningan, mendadak terdengar nada menyeramkan datang dari langit. Tersebut nada pesawat pengebom tukik punya Luftwaffe Ju-87 atau Stuka yang juga akan lakukan serangan. Tanpa ada ampun, pesawat-pesawat itu menjatuhkan bom ke arah barisan tentara Inggris yang segera menceraiberaikan mereka.

Benar-benar satu adegan yang buat bulu kuduk merinding. Mulai sejak menit pertama, situasi ancaman kematian serta usaha bertahan hidup dihidangkan Nolan yang selalu mengikat pemirsa serta kelegaan baru diberi di bebrapa waktu paling akhir film ini.

Penderitaan 

Di adegan beda, Nolan menimbulkan adegan yang menghadirkan desakan psikologis yang dihadapi seseorang prajurit di masa perang. Satu diantaranya keluar saat seseorang prajurit yang diperankan Cillian Murphy diselamatkan satu perahu Dawson (Mark Rylance), putranya Peter (Tom Glynn-Carney), serta remaja bernama George (Barry Keoghan).

Dawson menyelamatkan sang prajurit waktu menemukannya terduduk di puing-puing kapalnya yang hancur ditembak kapal selam Jerman. Waktu dinaikkan kedalam kapal, sang prajurit malas duduk di dek bawah perahu yang lebih hangat serta senantiasa tampak takut. Peter, yang masih tetap muda, kebingungan dengan sikap si prajurit.

“Jika kau sempat rasakan dibombardir, jadi kau juga akan memahami perasaan dia, ” kata Dawson pada putranya. Karna diselamatkan satu perahu Inggris, sang prajurit menduga dia juga akan selekasnya pulang. Tetapi, nyatanya Dawson mengarahkan perahunya ke Dunkirk.

Hal semacam ini lalu menyebabkan kemelut karna sang prajurit yang muak dengan perang tidak ingin sekali lagi kembali pada Perancis. Sesaat Dawson bersikukuh menuju Dunkirk karna penuhi panggilan negara untuk menolong penjemputan beberapa tentara. Kemelut ini pernah mencapai puncak jadi pergumulan yang menyebabkan George terluka.

Semangat 

Walau berkesan muram serta penuh desakan psikologis, Nolan masih tetap berikan sedikit “kelegaan” di sebagian adegan film ini. Umpamanya saat pesawat pemburu Spitfire punya AU Inggris keluar serta melintas diatas perahu punya Dawson.

“Spitfire pesawat paling baik yang sempat di buat. Nada mesin Rolls-Roycenya yaitu nada paling indah ditempat ini, ” kata Dawson. Lihat adegan ini, pemirsa memperoleh keinginan kalau barisan lunglai tentara Inggris di pantai Dunkirk memperoleh pertolongan serta perlindungan dari pesawat-pesawat pemburu itu.

Keriaan jadi bertambah saat satu diantara pilot bernama Ferrier yang diperankan aktor Tom Hardy berhasil menembak jatuh satu Stuka yang juga akan menyerang pasukan Inggris. Waktu tembakan Ferrier tentang mesin Stuka yang lalu terbakar serta jatuh, beberapa ribu tentara yang awalannya ketakutan lalu bersorak sorai penuh semangat karna nyawa mereka terselamatkan.

Manusiawi 

Film paling baru Christopher Nolan ini banyak memetik pujian serta bahkan juga sebagian kritikus berasumsi Dunkirk jadi film paling baik pria yang membesut trilogi The Dark Knigt itu. Seperti pernah disinggung diatas, film ini jadi kuat bukanlah karna keriuhan baku tembak atau banyak darah yang tertumpah.

Film ini jadi begitu berarti karna menyorot bagian kemanusiaan beberapa prajurit serta warga umum sebagai ciri-khas dalam film ini. Beragam pojok pengambilan gambar yang dipakai Nolan berikan deskripsi begitu luasnya pantai Dunkirk serta demikian banyak manusia yang perlu diselamatkan dari kematian.

Pemirsa di ajak jadi saksi begitu kejamnya perang serta selanjutnya kemenangan tidak terus-terusan dinilai dari kesuksesan menghancurkan musuh namun juga dari kesuksesan menjaga kehidupan. Film ini berhasil mengajak pemirsa untuk mengerti masih tetap ada bagian manusiawi di dalam satu perang yang ganas.

Dalam satu adegan mendekati akhir film, saat beberapa prajurit pada akhirnya tiba di pantai Inggris, mereka terima selimut yang diberikan oleh seseorang pria tua. “Selamat, selamat, ” kata pria itu setiap saat memberi selimut pada seseorang prajurit.

Salah seseorang prajurit yang terima selimut pernah berhenti serta berkata : “Tapi yang kami kerjakan cuma bertahan hidup. ”

“Itu telah lebih dari cukup, ” kata pria tua itu.Nonton Film Online

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.